Tafsir Surah Al-Fatihah Ayat 6




Tunjukilah kami pada jalan yang lurus[11]


[11] Kata-kata Tunjukilah kami jalan yang lurus merupakan doa. Doa ini meliputi seluruh keperluan manusia--- kebendaan dan rohani untuk masa ini dan masa yang akan datang. Orang mukmin berdoa agar kepadanya ditunjukan jalan lurus, jalan terpendek. Kadang-kdang kepada manusia diperlihatkan jalan yang benar dan lurus itu tetapi ia tidak dipimpin kepadanya atau jika pun dibimbing ke sana, ia tidak konsistant pada jalan itu dan tidak mengikutinya hingga akhir.
Doa ini menghendaki agar orang beriman tidak merasa puas dengan hanya diperlihatkan kepadanya suatu jalan atau juga dengan dibimbing pada jalan itu, tetapi ia harus senantiasa terus menerus mengikutinya hingga mencapai tujuannya, dan inilah makna hidayah yang berarti menunjukkan jalan yang lurus (90:11), membimbing ke jalan yang lurus (29:70) dan membuat orang mengikuti jalan yang lurus (7:44) (Mufradat dan Baqa). 

Pada hakikatnya manusia memerlukan pertolongan Tuhan pada tiap-tiap langkah dan pada setiap waktu serta sangat perlu sekali baginya agar ia senantiasa mengajukan kepada Tuhan permohonan yang terkandung dalam ayat ini. Oleh karena itu doa terus-menerus memang sangat perlu. Selama kita mempunyai keperluan-keperluan dan tujuan-tujuan yang belum kesampaian, terpenuhi atau tercapai, maka selama itu pun kita memerlukan doa.

2 komentar:

  1. setiap ayat dari al qur'an mengandung doa...
    dan setiap doa adalah berkah disebaliknya...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus