Daging Babi Menurut Kesehatan

Babi atau dalam bahasa aslinya disebut Pig, Hog atau Swin mempunyai makna binatang menyusui berkuku kuda yang makan segalanya. Dalam pengertian simboliknya perkataan pig, hog atau swine digunakan untuk menamai seorang yang tidak bermalu, rakus, jorok dan hina. Diantara semua hewan ternak, babi adalah hewan yang sangat jorok dan menjijikan. Ada hampir lima puluh macam penyakit yang menimpa hewan ini sejak dilahirkan, sehingga bukan hanya dagingnya yang penuh dengan berbagai penyakit, bahkan darah, lemak dan gajih (gemuk) yang biasa dibuat minyak pun mengandung penyakit.

Menurut dokter S.F. Ahmed, F.R.C.S, orang yang senang mengkonsumsi daging atau bagian tertentu dari babi baik itu lemak, darah atau gajihnya maka akan mudah terkena penyakit seperti: Jantung, Kanker, Syaraf, Hipertensi (tekanan darah tinggi), Infeksi Makanan, hal ini disebabkan karena daging babi mengandung bakteri Salmonella dan Botulisme yang cepat merusak tubuh.

Influenza Babi, influenza ini lebih bahaya dari influenza biasa karena bisa membawa kepada kematian. Trichinosis yang dapat menyebabkan kelumpuhan hingga kematian. Brucellosis yang menyebabkan demam, pusing, sakit dan nyeri pada tangan dan kaki. Cysticercosis, merupakan penyakit yang disebabkan cacing pita di dalam tubuh babi. Cacing ini diperoleh karena babi senang memakan kotorannya dan juga kotoran manusia atau hewan lainnya.

Erysepaloid, penyakit ini berupa benjolan yang terasa sakit dan mengandung nanah. Balantidiasis, (sejenis disentri akut). Penyakit Kaki dan Mulut, penyakit ini disebabkan oleh virus picorna yang terdapat dalam tubuh babi, serta yang lainnya. (Sumber: Majalah Sinar Islam, no. I, Januari 1980)

10 komentar:

  1. hiii.... ternyata sereem jg ya, jgn sekali kali deh nyicipin.. lagian jg haram kan?

    sob, ada award utkmu mohon diambil ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jazkmllah atas hadiahnya, mas Bro. Ok klo gitu langsung aja ke TKP mengambil Award-nya

      Hapus
  2. BLOGWALKING... NICE BLOG... FOLLBACK YA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, Mas Bro Ifan, langsung difollow.

      Hapus
  3. makanan mempengaruhi kejiwaan kita, selectif dlm mengkonsumsi makanan..

    BalasHapus
  4. mohon dukungannya sobat n_n http://sumberkita.com/diah-amaliya-ilmayanti/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu mendukung sepenuh hati.

      Hapus
  5. Dalam alqur'an sdh jelas sekali mengharamkan Babi, apapun alasannya jgnlah engkau memakannya...

    nice info, salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Thks semua info di blog-nya

      Hapus